Breaking News
Home / Guru Kelas Rendah / RPP Guru Kelas Rendah KELAS 3 SD/MI – Virus Corona

RPP Guru Kelas Rendah KELAS 3 SD/MI – Virus Corona

Penulis:DINI INDRIANI, S.PD
Jenjang:SD/MI
Kelas:3
Mapel:Guru Kelas Rendah

RPP Guru Kelas Rendah KELAS 3 SD/MI – Virus Corona

RPP ini berisikan tentang rencana pembelajaran bagi peserta didik selama pembelajaran di rumah. RPP ini dibuat sebagai akibat dari mewabahnya virus corona (covid-19) yang melanda Indonesia sekarang ini. RPP ini bisa diaplikasikan di kelas rendah khususnya kelas 3 SD. Dalam RPP ini memuat tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran daring guru dengan peserta didiknya juga dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Semoga RPP ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

RPP Guru Kelas Rendah KELAS 3 SD/MI – Virus Corona bisa didownload dengan mengklik link yang ada dibawah ini

Link Download RPP

BELAJAR DARING DARI RUMAH DENGAN BIAYA MURAH

Pandemi Corona atau Covid-19 semakin membuat takut warga masyarakat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Setiap hari, data Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun yang dinyatakan positif kian melonjak. Update di dalam negeri, menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, mengumumkan data terbaru terkait pasien dan kasus Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan data pemerintah hingga Kamis (14/5/2020) pada pukul 12.00 WIB, diketahui ada penambahan 568 kasus Covid-19 dalam 24 jam terakhir, berarti hingga saat ini total ada 16.006 kasus Covid-19 di Indonesia, terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020. (Sumber; https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/15/110000323/update-corona-15-mei–4-52-juta-orang-terinfeksi-dan-1-7-juta-sembuh).

Kondisi ini, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan belajar di rumah, mulai dari Sekolah Dasar (SD/sederajat), Sekolah Menengah (SMP/SMA/sederajat), dan Perguruan Tinggi (PT) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Lalu, bagaimana solusi pemerintah agar tujuan pembelajaran tetap tercapai meski diliburkan? Ya, inilah solusi terbaik yang bisa kita lakukan, yaitu belajar daring (online).

Di sinilah sisi pemikiran positif kita diuji oleh wabah korona. Sebagai seorang pendidik yang setiap harinya pergi ke sekolah bertemu dan bertatap muka anak-anak di kelas. Namun, karena adanya wabah ini, kita diharuskan untuk meminimalisir kontak dengan siapa pun termasuk siswa kita. Sempat merasa bingung dengan bagaimana proses belajar mengajar ke depannya, apalagi saya mengajar di daerah yang bisa dikatakan belum semua anak mempunyai akses internet di rumahnya. Sempat saya ragu akan pembelajaran daring, tapi saya niatkan semoga Allah mempermudah setiap usaha yang saya lakukan. Inilah beberapa trik jitu saya selama belajar daring bersama siswa saya;

1. Mengumpulkan nomor hand phone orang tua siswa

Saya mempunyai 22 siswa di kelas. Hampir 90% siswa ternyata mempunyai handphone android. Meskipun ada beberapa yang belum android dan bahkan ada yang tidak punya hand phone sama sekali. Inilah yang menjadi beban pikiran saya. Tapi saya berhasil mengatasinya dengan cara meminta siswa yang tidak punya hand phone untuk ikut belajar ke temannya yang terdekat.

2. Buat grup What’s App

Di sini saya butuh waktu untuk mengumpulkan semua siswa saya dalam sebuah grup. Karena ada beberapa yang belum bisa terhubung ke internet, ada yang belum punya aplikasi What’s App dan ada yang hand phone-nya rusak. Tapi, alhamdulillah ternyata hampir seluruh orang tua mendukung program pembelajaran seperti ini. Mereka berusaha memfasilitasi agar anaknya bisa tetap belajar di rumah saja.

3. Pemberian tugas

Guru mengunggah tugas untuk siswa melalui grup What’s App setiap harinya. Sebenarnya saya men-screen shoot (tangkap layar) materinya kemudian mengirimnya ke grup. Awalnya saya meminta siswa untuk mengunduh buku tematik, tetapi ternyata kurang efektif. Banyak siswa yang tidak bisa mengunduhnya. Harap maklum, kami belajar di daerah. Terkadang untuk mendapat sinyal internet, kami harus ke bukit. Tugas saya diberikan setiap pukul 07.00 s.d. 12.00. Jika siswa sudah selesai, maka siswa memfoto dan mengirimkan hasil tugasnya kepada guru. Di sini juga ada sedikit kendala, karena tidak semua bisa belajar pada waktu tersebut. Hal ini disebabkan karena ada beberapa orang tua yang bekerja sambil membawa hand phone-nya. Jadi, otomatis, siswa tidak bisa ikut pembelajaran pada waktu tersebut. Jadi, saya berikan toleransi untuk hal seperti itu.

4. Atur tugas agar siswa tidak bosan dan jenuh

Untuk pemberian tugas, kita bisa sesuaikan dengan tugas tematik seperti biasa dan materi seputar covid-19. Di sini saya biasanya memberikan tugas tematik dari hari Senin s.d. Kamis. Siswa hanya diminta menuliskan jawabannya saja, untuk hari Jum’at dan Sabtu siswa belajar menganalisis virus corona, menggambar, membuat karya dan lain-lain.

5. Buat draf nilai di excel

Hal ini akan mempermudah kita saat melakukan penilaian. Jadi saat siswa mengirimkan hasil tugasnya maka kita wajib langsung melakukan penilaian dan masukan ke daftar nilai agar tidak merepotkan di kemudian hari.

Nah, itulah trik yang dapat guru praktikan agar pembelajaran di rumah terasa lebih mudah dan lebih menghemat biaya. Semoga bangsa Indonesia terbiasa menjadi bangsa yang rajin belajar dan mampu menciptakan generasi pembelajar yang cerdas, semoga pandemi korona atau Covid-19 di negara kita dan seluruh dunia segera berakhir. Amiin

About admin

Check Also

Kumpulan Contoh RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 SD/ MI

Kumpulan Contoh RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 SD/ MI

Kumpulan Contoh RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 SD/ MI Materiguru.com | Kumpulan Contoh RPP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *